SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Kamis, 02 September 2010

Profil Kelurahan Pallameang

Kelurahan Pallameang yang terletak di wilayah Kabupaten Pinrang kecamatan Mattiro Sompe memiliki luas wilayah 296,98 Ha. Kelurahan Pallameang di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Mattombong, di sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Makassar, sama halnya dengan di sebelah Barat kelurahan Pallameang berbatasan dengan Selat Makassar, sedangkan di sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kelurahan Langnga. Kelurahan Pallameang terbagi atas dua lingkungan yang di pimpin oleh dua kepala lingkungan pula, dua lingkungan tersebut adalah Lingkungan Pallameang dan Lingkungan Ujung Tape.

Secara umum Kelurahan Pallameang memiliki jumlah penduduk yang padat, berdasarkan jenis kelamin terdiri dari laki-laki sebanyak 1.280 orang, sedangkan perempuan sebanyak 2.496 orang. Jumlah kepala keluarga yang dimiliki oleh Kelurahan Pallameang sendiri berjumlah 1.060 kepala keluarga. Sedangkan jumlah penduduk yang berkewarganegaraan berjumlah 4.676 orang.

Adapun pembagian jumlah penduduk berdasarkan pendidikan adalah usia 04 – 06 thn berjumlah 1.528 orang, usia 07 – 12 thn berjumlah 461 orang, sedangkan usia 13 – 15 thn berjumlah 295 orang. Untuk jumlah penduduk berdasarkan tenaga kerja adalah usia 20 – 26 thn berjumlah 466 orang dan usia 27 – 40 thn berjumlah 826 orang.

Keadaan ekonomi masyarakat Kelurahan Pallameang berdasarkan keadaan terletak starategis yang berada di pesisir pantai, masyarakat di sekitar wilayah ini lebih berpotensi kepada usaha pertambakan dan menjadi nelayan. Adapun usaha lain yang bergerak di wilayah ini adalah perdagangan, jasa dan bangunan.

Kepercayaan religius yang terdapat di wilayah Kelurahan Pallameang yakni dengan menganut mayoritas agama Islam. Dilihat dari fasilitas yang ada sangat memadai.

Secara umum infrastruktur di Kelurahan Pallameang sudah cukup baik seperti jalan beraspal yang merupakan jalur utama transportasi masyarakat, sehingga tidak sulit jika ingin melakukan perjalanan ke daerah ini. Meskipun demikian, masih ada jalan di lorong-lorong yang belum beraspal sehingga sulit untuk dilalui .

Sarana dan pra-sarana pendidikan, kesehatan, dan agama di Wilayah Kelurahan Pallameang berjumlah, untuk sarana dan pra-sarana pendidikan terdiri atas 4 Sekolah Dasar dan 3 Taman Kanak-kanak. Untuk sarana dan pra-sarana kesehatan terdiri dari 2 posyandu, dan sarana pra-sarana Agama terdiri atas 3 Mesjid.










KKN UNMAngk. XXIII Tahun 2010 Kelurahan Pallameang



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger