SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Kamis, 02 September 2010

Profil Desa Mattombong

Desa Mattombong termasuk dalam wilayah kerja kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang dengan luas wilayahnya Km. Sebagai sebuah Desa Mattombong merupakan salah satu Desa yang letaknya disebelah Barat kota Pinrang sehingga Desa Mattombong mudah dijangkau dan sarana transportasi lancar. Desa Mattombong terdiri atas 4 dusun yakni Dusun Lisse Utara, Lisse Selatan, Beru dan Makuring.

Adapun letak wilayah Desa Mattombong sebagai berikut:
• Sebelah Utara perbatasan : Desa Patobong
• Sebelah Timur perbatasan : Desa Massulowalie
• Sebelah Barat perbatasan : Desa Mattiro Tasi
• Sebelah selatan perbatasan : Kelurahan Langnga
Secara umum kepadatan penduduk Desa Mattombong , tergambar pada kepadatan penduduknya sebanyak 3372 jiwa dengan klasifikasi dan rincian yang terdiri dari jenis kelamin laki-laki 1554 jiwa dan berjenis kelamin perempuan sebanyak 1818 jiwa.

Masyarakat Desa Mattombong merupakan rangkaian masyarakat dalam satu keluarga yang mayoritas berpenghasilan dari sektor pertanian, perikanan dan perkebunan serta di bidang jasa dan bangunan . Mengingat desa ini merupakan salah satu dari beberapa desa yang bernaung di wilayah kota Kabupaten Pinrang. Mayoritas masyarakat Desa Mattombong adalah yang religius dengan agama yang dianut yakni mayoritas Agama islam.

Secara umum infrastruktur di Desa Mattombong sudah cukup baik seperti jalan beraspal yang merupakan jalur utama transportasi Langnga-Pinrang sehingga tidak sulit jika ingin melakukan perjalanan ke daerah ini. Meskipun demikian, masih ada jalan di lorong-lorong yang belum beraspal sehingga sulit untuk dilalui serta masih kurangnya saluran air.

Desa Matombong merupakan masyarakat yang agama Islam, tempat ibadahnya cukup memadai, karena seluruh dusunnya memiliki Masjid, Namun ada satu dusun yang sementara membangun masjid yaitu dusun cengkong, dalam aktifitas dikalangan tempat ibadah bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah semata tetapi segala perayaan Hari Besar Agama Islam dipusatkan, pembinaan – pembinaan kemasyarakatan dalam hal keagamaan, pengajian, Pembinaan Remaja Masjid, TK / TPA dan lain sebagainya.

Di Desa Mattombong banyak hal yang menjadi sentral kegiatan yang di gemari masyarakat. Hal ini menandakan adanya indikator kuat sebagai menjamurnya dan berkembangnya organisasi di Desa Mattombong. Sebagai gambaran bahwa masyarakat Desa Mattombong berorientasi pada tingkat kecerdasan dan naluri berorganisasi tumbuh dengan pesat, disamping taraf pendidikan yang sudah rata-rata jelas lanjutan atas, juga ditunjang dengan aktivitas dan kegiatan organisasi tersebut.

Jadi dapat diketahui bahwa organisasi atau lembaga yang terbentuk di Desa Mattombong sangat beragam, ada yang dibentuk oleh Organisasi Pemuda, Tokoh Masyarakat, Petani, Ibu, Remaja Masjid dan masih banyak lagi perkumpulan lain ditambah dengan lembaga-lembaga Desa yang sifatnya pemerintahan.

Wilayah Desa Mattomong merupakan Desa yang apabila ditinjau dari sudut pandang pendidikan dapat dikatakan tumbuh dengan pesat hal ini terjadi karena kesadaran masyarakat sekitar dan sarana pendidikan yang tersedia walaupun yang ada hanya jenjang Pendidikan RA/TK, SD, dan untuk naik kejenjang yang lebih tinggi letak lokasi MTs,MA dan SLTA cukup dekat karena berada di Desa Patobong . Jadi orang tua siswa tidak pusing lagi dalam melanjutkan pendidikan anaknya.

Salah satu hal yang tak dapat dilupakan dalam pembinaan dan pelayanan kemasyarakatan di Desa Mattombong adalah sarana Kesehatan. Untuk sarana kesehatan apabila dilihat secara sekilas maka sarana kesehatan yang tersedia di Desa Mattombong hanya Pos Kesehatan Desa (Poskedes), itupun sementara di bangun yang hampir jadi, namun pelayanan masyarakat di bidang kesehatan sudah terprogram dengan baik antara penyuluh Kesehatan dengan Pemerintah Desa Mattombong. Yang lebih penting diketahui bahwa kurangnya sarana Kesehatan Desa Mattombong hanya dikarenakan letaknya dekat dengan kota Pinrang, jadi secara otomatis sarana Pemerintah Kabupaten juga mudah dijangkau










KKN UNM Angk XXIII Tahun 2010 Desa Mattombong



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger