SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Jumat, 03 September 2010

Profil Desa Mattiro Tasi

Desa Mattiro Tasi merupakan salah satu desa dari tujuh desa dan Dua kelurahan yang terdapat di Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Batas Desa Mattiro Tasi sebagai berikut:
 Sebelah Utara : Desa Tadang Palie
 Sebelah Timur : Desa Mattongang-Tongang
 Sebelah Selatan : Desa Patobong
 Sebelah Barat : Selat Makassar
Desa Mattiro Tasi memiliki luas wilayah 13, 51 m2 yang terdiri dari tiga (3) dusun yaitu Dusun Ammani Selatan, Dusun Ammani Utara dan Dusun Manni Sawa.

Kondisi alam Desa Mattiro Tasi terdiri dari dataran luas 3750 m2. Desa ini merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Pinrang yang terletak dipinggiran pantai. Ada dua musim di Desa Mattiro Tasi yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Pengaruh keadaan alam yang berupa dataran dan berada di pinggir pantai mengakibatkan pencaharian penduduknya yang berbeda–beda, diantaranya : Pegawai Negeri Sipil , Pegawai Swasta , Pertukangan dan selebihnya adalah Petani Tambak dan Petani Sawah.

Menurut data yang diperoleh, Jumlah penduduk Desa Mattiro Tasi sebanyak 1632 jiwa (data tahun 20 ) dengan rincian :
Laki – laki : 790 Jiwa
Perempuan : 842 Jiwa
Jumlah seluruhnya : 1632 Jiwa
Jumlah Kepala Keluarga : 413 KK

Pada Umumnya tingkat dan jenis pendidikan yang ada di Desa Mattiro Tasi berstatus negeri; Dua PAUD unit, tiga buah SD masing – masing berstatus negeri.

Sebagian besar pemukiman penduduk di Desa Mattiro Tasi menggunakan bahan bangunan berupa papan dan batu bata. Pola penataan bangunan pemukiman sudah teratur baik disisi kiri dan kanan jalan raya maupun yang jauh dari jalan raya. Fasilitas umum yang ada yaitu 2 unit mesjid , 1 unit kantor desa,1 unit Puskesmas pembantu yang Cempa), Sekolah Dasar Negeri (SDN 72 Ammani Utara, SDN INP 207 Ammani Selatan dan SD 283 Manni Sawa), 2 unit Lapangan Takrow, 1 unit Lapangan sepak bola. Fasilitas umum lainnya yaitu jalan raya yang menghubungkan desa ini dengan desa yang lain yang sudah di aspal

Pada umunya masyarakat Desa Mattiro Tasi mayoritas menganut agama Islam,hal ini terlihat sarana ibadah yang cukup memadai ditandai dengan 3 buah mesjid yang Insya Allah berdiri kokoh di Desa Mattiro Tasi.

Di Desa Mattiro Tasi terdapat sarana kesehatan sebagai upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sarana kesehatan yang dimaksud adalah dengan adanya puskesmas (pustu) sebanyak satu buah dan posyandu 1 unit yang Insya Allah berdiri kokoh di desa Mattiro Tasi

Manusia adalah mahluk sosial artinya manusia dalam masyarakat tidak dapat hidup sendiri selalu membutuhkan pertolongan orang lain.Tolong menolong dilakukan secara kekeluargaan serta gotong royong berdasarkan kesadaran.
Sejak dahulu tradisi dan kebiasaan tolong menolong telah tumbuh dan tertanam dam kehidupan masyarakat Desa Mattiro Tasi. Pada musim panen padi misalnya,kita menyaksikan laki-laki dan perempuan melakukan kerja sama.Untuk kegotong royongan akan kita jumpai pada kegiatan lain misalnya pada pesta perkawinan, pembersihan lapangan, saluran irigasi dan lain-lain.

Sebagian besar penduduk Desa Mattiro Tasi sejak dulu bertambak untuk masyarakat Ammani Selatan dan Utara dan Dusun Manni Sawa bertani sebagai sumber kehidupan.

Sistem pemerintahan di Desa Mattiro Tasi dipimpin oleh seorang Kepala Desa dan Tiga Kepala Dusun dimana sistem penetapannya dipilih oleh masyarakat.











KKN UNM Angk XXIII Tahun 2010
Desa Mattiro Tasi Kec.
Mattiro Sompe Kab. Pinrang



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger