SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Kamis, 21 Oktober 2010

Al-Razi (865-925)

Al-Razi adalah salah satu cendekiawan muslim serbah bisa yang berasal dari Negara iran. Al-Razi juga dikenal sebagai seorang kimiawan di arab.
Al-Razi termasuk ilmuan yang produktif. Selama hidupnya dia telah menghasilkan tulisan yang dirangkum ke dalam buku sebanyak 148 buku. Pada masa itu, Al-Razi dikenal oleh kalangan agama sebagai orang anti agama. Namun, buku-buku yang telah dihasilkannya mencerminkan iman yang kuat terhadap tuhan. Al-Razi telah mementingkan filsafat daripada agama. Baginya, akal mausia yang dianugrahkan tuhan cukup mampu untuk mengatur dunia ini dan untuk mengetahui yang salah dan yang benar.
Nama Lengkap Al-Razi adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Al-Razi. Al-Razi lahir pada tahun 865, dia dikenal ahli berbagai bidang, yaitu kimia, kedokteran, ilmu falak, olahraga, dan Sastra. Didalam bidang kedokteran, ia berguru kepada Hunayan bin Ishaq di Baghdad.
Setelah selesai belajar, dia dipercaya memimpin sebuah rumah sakit di Rayy. Kemudian dia juga memimpin Rumah sakit Muqtadari di Baghdad.
Sepanjang hidupnya, Al-Razi banyak menghasilkan Karya, mulai dari buku sampai pada berbagai penelitian yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
 Ensiklopedi kedokteran yang berjudul Al-Havi.
 Kitab Al-Mansoori yang membahas pengobatan di zaman arab - Yunani.
 Kitab Al-Judari Wa al-Hasabah, membahas penanganan penyakit cacar.
 Kitab Al-Muloki
Dibidang Kedokteran, Al-Razi dikenal sebagai tokoh yang melahirkan dasar-dasar ilmu kedokteran moderan. Bukunya yang membahas tentang penyakit campak yang menjadi salah satu buku kedokteran yang dijadikan pegangan mahasiswa kedokteran yang dijadikan pegangan mahasiswa kedokteran selama puluhan tahun.
Al-Razi juga menemukan benang bedah yang digunakan untuk menjahit setelah proses operasi.
Al-Razi meninggal pada tahun 925, pada saat dia berusia 61 tahun. Berbagai karya telah dihasilkannya tersebut, saat ini dijadikan sebagai dasar-dasar untuk pengembangan lebih lanjut.
SUMBER:Tokoh-tokoh dalam dunia kesehatan. HAL30-34 (A. Imantoro/ CV. SCA)



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger