SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Kamis, 26 Agustus 2010

Profil Desa Massulowalie

Desa Massulowalie adalah salah satu wilayah Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang yang letaknya agak jauh dari pusat kota. Luas wilayah Desa Massulowalie yaitu 9,34 Km2 dimana terdiri dari dua lingkungan diantaranya : Dusun Tosulo dan Dusun Sekkang.

Adapun batas-batas wilayah Desa Massulowalie adalah sebagai berikut :
1. Sebelah Utara : Desa Samaenre, Kecamatan Mattiro Sompe
2. Sebelah Selatan : Desa Waetuoe, Kecamatan Lanrisang.
3. Sebelah Timur : Desa Barang Palie, Kecamatan Lanrisang.
4. Sebelah Barat : Desa Mattombong, Kecamatan Mattiro Sompe.


Secara umum Desa Massulowalie mempunyai penduduk cukup banyak dan mayoritas beragama Islam, tergambar dari jumlah penduduk yaitu 2.392 jiwa dengan klasifikasi terdiri dari jenis kelamin laki-laki sebanyak 1.158 jiwa dan perempuan 1.234 jiwa.
Menurut hasil penelitian kami mayoritas penduduk Desa Massulowalie adalah penduduk yang pekerjaannya sebagai petani. Tiap pagi masyarakat sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Dan sebagian lainnya bekerja sebagai PNS, wiraswasta, dan lain-lain.


Desa Massulowalie yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, tempat ibadahnya cukupmemadai,hal ini didukung tempat peribadatan dengan jumlah 2 buah Masjid yaitu : Masjid Nurul Falah Dusun Tosulo, Masjid Nurul Huda Dusun Sekkang dan 1 buah Musholla di Dusun Sekkang.


Masyarakat Desa Massulowalie tergolong masyarakat yang sadar akan pendidikan, hal ini terlihat begitu antusiasnya menyekolahkan anak-anak mereka ke lembaga-lembaga pendidikan formal. Sarana pendidikan yang kami maksud di Desa Massulowalie adalah sebagai berikut :

1) SMP 4 Dusun Tosulo
2) SD 193 Dusun Tosulo
3) SDN 55 Dusun Sekkang
4) MI DDI Tosulo
5) MI DDI Sekkang
6) MDA DDI Tosulo
7) TK/TPA Dusun Tosulo


Sarana kesehatan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Massulowali, Hal ini cukup mendapat perhatian dari pemerintah setempat pada khususnya, hal ini terlihat dengan adanya puskesmas dan posyandu.

Sesuai dengan kondisi geografis Desa Massulowalie maka pada umumnya masyarakat Desa Masulowalie merupakan masyarakat petani dengan persentase 90%, selebihnya bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa.



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger