SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Kamis, 10 September 2015

ePUPNS & DAPODIK



1. ePUPNS

Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) berfungsi sebagai perangkat (tool) dalam dalam mendukung kegiatan pendataan ulang PNS, sistem ini juga berfungsi sebagai sarana untuk membangun komunikasi antar semua pihak yang terkait dalam proses pendataan ulang PNS baik Instansi Pusat maupun Daerah.



Sistem Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) merupakan suatu sistem yang dibangun dengan terknologi berbasis web, saat ini untuk pengguna dapat mengakses dengan menggunakan web browser melalui alamat http://pupns.bkn.go.id

Dalam pendataan ini memuat data pribadi, data kepegawaian serta riwayat pekerjaanya. Dalam pengerjaannya ePUPNS dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Sehingga para PNS seluruh indonesia bisa mengerjakannya kapanpun dan dimana saja ia berada. Dalam pengerjaanya diperlukan jaringan internet yang stabil untuk bisa mengakses http://pupns.bkn.go.id

2. Dapodikas
Jauh sebelumnya Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan pendataan yang serupa. Data Pokok Pendidikan Dasar (DAPODIKDAS) yang dikemas dalam bentuk Aplikasi Dapodik, dimana dalam pendataannya dilakukan oleh Operator Sekolah (OPS) yang di tunjuk oleh kepala sekolah menjadi Operator Pendataan.

Dalam pendataan ini memuat data pribadi, data kepegawaian serta riwayat pekerjaanya dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kependidikan. Dalam pengerjaannya dilakukan Operator sekolah melalui Aplikasi Dapodikdas yang terinstal pada PC dan dikerjakan secara ofline kemudian dikirmkan secara Online melalui aplikasi tersebut.

3. ePUPNS  & DAPODIKDAS
ePUPNS & DAPODIKDAS merupakan pendataan yang sama namun dikerjakan pada dua media yang berbeda. ePUPNS dikerjakan melalui website secara Online, DAPODIKAS melalui Aplikasi Dapodik secara ofline. ePUPNS dikerjakan oleh PNS, DAPODIK dikerjakan oleh Operator Sekolah.
Kenyataanya di lapangan masih banyak PNS yang belum cakap dalam mengoperasikan PC baik secara ofline maupun secara online. Sehingga untuk membantu pelaksanaan ePUPNS Operator Sekolah yang kesehariaanya ditemani PC baik ofline maupun online terlibat dalam pendataan ini. Sehingga Operator sekolah melakukan pendataan yang sama pada media yang berbeda.

ePUPNS dan DAPODIKDAS sama pentingnya untuk negeri ini olehnya itu sincronkan DAPODIKDAS dan sukseskan ePUPNS.

DATAMU TANGGUNG JAWABMU !!!
SALAM SATU DATA PADAMU NEGERI INDONESIAKU !!!



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger