SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Jumat, 08 Oktober 2010

Moutong

Kecamatan moutong terletak pada posisi utara kabupaten parigi moutong dengan batas-batas wilayah administrasi seebagai berikut:
 Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Buol dan Toiltoli
 Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo
 Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Tomini
 Sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Taopa
Dari semua desa yang ada dalam wilayah kecamatan Moutong dapat dilalui kendraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun roda empat sehingga mempermudah hubungan antara desa yang lain dan ke ibu kota kecamatan. Adapun jarak dari ibu kota kecamatan ke ibu kota kabupaten ±290 km dan ke ibu kota provinsi 342 km yang di tempuh lewat darat.

Secara administrasi, wilayah kecamatan mouton yang luasnya mencapai ±516,69 km2 terdiri dari 11 desa definitive dengan klasifikasi desa swadaya dan swakarsa. Dari 11 desa yang ada, dibagi menjadi 56 dusun dan 43 rt. Dalam memperlancar roda pemerintahan/pembangunan di desa, pada masing-masing desa dibentuk lembaga kemasyarakatan desa seperti BPD, LPMD.

Jumlah penduduk kecamatan moutong tahun 2009 tercatat sejumlah 19.173 jiwa. Dengan luas wilayah ±516,69 km2, maka kepadatan penduduk didaerah ini sebesar 43 orang/km2. Dengan jumlah rumah tangga sebanyak 4.339, kecamatan moutong mempunyai rata-rata penduduk per rumah tangga sebanyak 4 jiwa/rumah tangga.

Menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki di kecamatan mouton tercatat sejumlah 9.748 jiwa dan perempuan 9.425 jiwa. Rasio jenis kelamin diperoleh di kecamatan mouton mencapai angka 103, yang artinya dari seratus penduduk perempuan terdapat 103 penduduk laki-laki.

Di kecamatan moutong terdapat beberapa pulau kecil yang tersebar di bebearap desa, diantaranya pulau lalayo dengan luas 1,5 km2 di moutong tengah, pulau bulangkan dengan luas 1 km2 di sijoli, Pulau pasir 0,5 km2 dan Pulau maloang dengan luas 4,5 km2.

Selain pulau, terdapat pula beberapa gunung dengan ketinggian yang tergolong cukup tinggi, diantaranya Gunung Salai di Moutong Timur dengan ketinggian 2040 m, gunung dapi/lanto di Moutong barat dengan ketinggian 1400 m, gunung imasaban denga ketinggian 1150 m di Gio, di Lobu terdapat Gunung Nasalan dengan ketinggian 1350, Gunung Romaja di sijoli dengan ketinggian 1060 m dan Gunung Batu tiga di salumpengut dengan ketinggian 360 m.

Untuk mencerdaskan anak kehidupan anak bangsa, maka pendidikan memegang peranan penting yang tidak dapat dilepaskan dari proses kehidupan masyarakat. Untuk mencapai tujuan, pemerintah kecamatan moutong telah mengadakan penanganan sistematis untuk menyiapkan tenaga-tenaga yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai yang sekarang ini dirasakan masih kurang.
Pemerintah kecamatan mouton berupaya mengarahkan masyarakat agar memiliki kemampua potensial dan ilmu pengetahuan yang mampu digerakkan sedemikian rupa sesuai dengan kemajuan zaman. Fasilitas tingkat pendidikan formal yang ada di kecamatan mouton pada tahun 2009 masng-masing tercatat TK/PAUD sebanyak 6 unit, sD/MI 18 unit, SLTP/MTs 4 unit dan SMU/SMA sebanyak 3 unit, yang kesemuanya tersebar di 11 desa yang ada di kecamatan moutong.


Disamping itu juga, fasilitas kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dan mengurangi angka kematian untuk itu di wilayah ini telah tersedia 1 (satu) unit PUSKESMAS dan 5 unit Puskesmas Pembantu, dengan jumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada fsilitas kesehatan sebanyak 43 orang yang kesemuanya tersebar di 11 desa di kecamatan Moutong.

Tak jauh beda dengan daerah-daerah lain yang ada di kabupaten parigi moutong, dalam bidang pertanian, kecamatan moutong mempunyai wilayah yang cukup luas yang digunakan untuk pertanian, dimana pertanian adalah merupakan salah satu sektor ekonomi yang diharapkan akan dapat bertahan dalam berbagai bentuk usaha di masing-masing sektor. Pemerintah tetap mengupayakan dengan segala upaya agar pendapatan petani lebih meningkat, baik sektor tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dn perikanan guna menambah pendapatan petani.
Dari luas wilayah kec moutong, diantaranya yang digunakan sebagai lahan pertanian dapat dirinci, sawah seluas 437 Ha dan Kebun 1.827 Ha. Untuk lahan sawah yang ada di kecamatan moutong, mempunyai potensi tanam pertahun mencapai 936 Ha. Hal ini ditunjang dengan jenis irigasi yang digunakan. Untuk perkebunan meliputi kelapa, cengkeh, kakao, dan kopi.
Sumber : BPS Kabupaten Parigi Moutong(moutong dalam angka tahun 2010)



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger