SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Senin, 15 Februari 2010

Eropa tak ada apa-apanya

Menelusuri jejak sejarah masa lalu merupakan suatu hal yang sangat menarik. Apalagi setelah sekian abad bangsa-bangsa di dunia disilaukan oleh kekuatan Eropa yang menjadi penguasa dunia. Tentu dengan penjajahan dan perampasan. Padahal sebelumnya itu Asialah penguasa dunia.

Stewart Gordon menyingkap tabir kegelapan masa lalu peradaban dunia, dalam bukunya yang berjudul “Asia Menguasai Dunia” yang telah diterjemahkan ke dalam 23 bahasa. Ia mengungkapkan bahwa Asialah tempat peradaban mengagumkan itu. Perjalanan bangsa Asia di mulai dari bangsa Arab yang menguasai peradaban disebelah barat Asia. Demikian juga dengan India yang terkenal luar biasa dalam peradaban dan pengetahuannnya, akan halnya dengan Cina. Bangsa ini tidak akan pernah mampu dilepaskan dari sejarah peradaban dunia. Indonesia dimana???

Bahkan ketiga bangsa besar ini menjalin hubungan yang sedemikian unik. Terbentang melalui jalur Sutera di daratan dan jalur lautan yang melewati kepulauan Nusantara. Dari hubungan kekeluargaan yang dibangun dengan perkawinan, perdagangan sampai penyebaran agama. Juga terjadi sikap saling mengagresi satu sama lain dan memperebutkan monopoli dunia pada saat itu.

Sementara itu di mana Eropa??? Pada waktu itu, bangsa eropa masih merupakan bangsa bar-bar. Sebagian kecil diantaranya telah membuat kerajaan tapi tidak mampu memgang peranan apapun di dunia. Mereka hanyalah konsumen darihasil peradaban Asia. Dengan kata lain, peradaban dunia bukan muncul di Eropa melainkan di Asia.
sumber: Majalah Guruku No.1 Februari 2009 hlm 5



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger