SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Senin, 15 Februari 2010

aktivitas cahaya matahri

Aktivitas cahaya matahari, yang berpotensi badai, disinyalir dapat menghilangkan sinyal pada ponsel, perangkat penunjuk arah (GPS) atau perangkat elektronik lainya.
Badai matahari atau solar storm dapat dapat menimmbulkan ledakan ledakan energi yang cukup dahsyat ke arah bumi. Ledakan inilah yang kemudian akan mengganggu jalannya sistem sinyal elektronik yang sensitif, khususnya ponsel dan GPS. Para ahli menyatakan bahwa aktivitas semburan badai matahari (solar storm) ini terus meningkat setiap periodenya dan puncaknya akan terjadi pada tahun 2011 atau 2012.
Solar storm adalah fenomena alam yang terjadi pada matahari ketika terlemparnya proton dan elektron akibat aktivitas magnetik matahari yang biasanya terjadi 11 tahun sekali. Akibat aktivitas magnetik tersebut, gelombang magnetik yang mengarah ke bumi menghalangi sinyal-sinyal komunikasi. Oleh karena itu, seluruh alat komunikasi yang menggunakan sinyal elektro magnetik tidak bisa berfungsi dengan baik.
“Solar storm ini akan mempengaruhi menara di beberapa wilayah. Dan menara telekomunikasi merupakan sasaran empuk dari aktivitas solar storm ini,” ujar Dale Gary, ilmuan yang juga petinggi di institut New Jersey bagian Fisika, seperti dikutip melalui BBC News, senin14/1/2007).
Menurut penelitiannya, solar storm berpotensi mengganggu 7 % sambunngan komunkasi. Bahkan solar storm dengan energi yang lebih kuat dapat menimbulkan kerusakan kerusakan yang cukup para, apalagi terhadap perangkat GPS. Kabarnya solar storm berpotensi merusak sinyal satelit yang biasa digunakan untuk membantu pencarian lokasi, karena GPS receiver tidak akan mampu mencari sinyal satelit yang terhalang oleh radiasi solar storm. Efek solar storm ini dikabarkan akan berlangsung hingga berhari-hari.
Dalam wacana di atas, badai matahari itu baru disnyalir. Namun badai sinyal disini sudah menjadi kenyataan. Tidak usah menunggu badai ditahun 2011 itu, di tanah air sendiri sudah di landa badai sinyal itu, yang diakibatkan siklon telepon murah (bahkan gratis) yang digelar oleh hampir semua operator. Ada jam-jam nelpon murah, ada jam-jam nelpon gratis. Pada jam-jam seperti itu, umumnya jaringan mengalami tingkat kepadatan tinggi, yang berujung pada banyaknya panggilan telepon gagal.
Pada hal banyak orang yang tidak peduli akan jam-jam diskon atau tarif murah itu, namun ikut terkena getahnya, susah menelpon. Sinyal seolah-olah dirampok oleh para penggemar yang bercuap-cuap via ponsel. Herannya, fenomena ini adalah pengulangan dari telefon gratis di jaman dulu yang sama-sama membebani jaringan dan menimbulkan protes pelanggan. Apalagi dalam waktu dekat, mereka harus menyinyali semua pelanggan dengan cermat dan sempurna dibawah pengawasan ketat regulator.
Sumber: Tabloid Sinyal No. 47/thn IV/4-18 Agustus 2008, hlm 2.



Entri Populer

My Video

Pesan Kebaikan

Powered by Blogger